Langsung ke konten utama

LAUNDRY ASRI ; Hak Cipta Alat Peraga Bisnis "Sukses Bisnis Laundry"

Kembali, kami mengangkat manfaat HAK CIPTA bagi UMKM. Seperti kita kerjakan, fokus, larut, sungguh-sungguh, dalam menanam dan merawat sebuah bisnis. Selalu tidak mudah bertemu hal besar yang mungkin hanya kami sendiri alami saat ini.

UANG selalu jadi nomor satu ukuran ; seseorang "dianggap" kaya.
Diera gadget dan kemudahan menemukan produk dan jasa. UMKM kembali dicoba dengan penghasilan yang surut dan kesulitan pengembalian kewajiban. Pe-ritel raksasa sebesar MATAHARI gagal tumbuh dan tumbang seolah terkena badai tsunami.

Kenapa seperti demikian ?
Generasi milenials, tidak minat bekerja jadi penjaga toko apalagi tukang cuci/setrika. Gengsi ini mengarahkan SDM SDM milenials memilih bekerja dengan cara jadi "pelapak" online. Ya toko fisik ditinggal karyawan nya dan ditinggalkan pembelinya. Gojek tiba-tiba jadi monster bagi peritel besar dan jadi sahabat bagi UKM rumahan.

Developer masih tetap semangat mambangun RUKO, Mall dan Apartemen. Padahal tenant UKM sudah kewalahan membayar biaya sewa atau angsuran kredit KPR. Industri padat karya ; semisal pabrik garmen yang jadi kekuatan ekonomi sektor riil Indonesia. Hari ini mulai sepi order dan lesu darah. Mungkin buyer nya juga pusing tidak nutup target penjualan.

Namun sayang Hak Cipta tidak dipahami pelaku UKM dan kurang perhatian serta kurang perlindungan. Misal suatu ketika admin memperoleh penawaran produk pewangi industri rumahan yang mempergunakan merk nasional terkenal. Atau di acara komunitas, ibu-ibu dengan bangga jualan  choco chips made in dapur dengan packing merk nasional. Tujuannya agar produknya cepat laku dan dapat duit !, halal kah cara demikian ?. Terbukti UANG jadi ukuran, bukan hasil karya, bukan kepercayaan diri dan bukan produk baru UMKM yang tidak memiliki base pembeli.

Atau misal ada orang yang ngaku BROKER resmi profesional, seenaknya ambil foto property milik orang lain, untuk dipublikasikan sebagai list jual. Contoh disitu ada icon HAK CIPTA yang dilanggar.

Yuk UKM dan owner UMKM belajar...
Buka buku "Sukses Bisnis Laundry" terbitan Masmedia Buana ditulis Dedi Triputra. Buka halaman 120, ada lambang Laundry ASRI yang dipegang pemiliknya.

Ketika ada BROKER atau Marketing atau MAKELARAN Tanah amatiran coba ambil foto melalui gadgetnya lalu dipasang di situs jual/beli property. Hakekatnya BROKER wajib minta ijin, tetapi dengan cara sembunyi diambilah foto dan dilecehkan merk dagang. Menurut UU no 28 Tahun 2014 ; Tentang Hak Cipta, perbuatan sales amatiran tersebut sebuah tindakan melawan hukum. Ancaman hukumannya tidak main-main. Penjara dan denda Rp. 4Milyar.
Laundry ASRI alat peraga bisnis dari Hasil Karya Hak Cipta "Sukses Bisnis Laundry

Dibalik musibah ada hikmah terkandung. Kembali kisah tersebut sebagai satu contoh. Betapa pentingnya UMKM memiliki Hak Cipta. Jangan hanya jago cari uang, jangan hanya ahli bikin camilan yumiii. Jangan bangga jualan McD, kalau produk tenant kita ayam dan burger. Jangan hanya bangga berpredikat sales merk Internasional, tetapi sulit jualan produk/jasa karyanya sendiri. Oke ingat jangan lupa mendaftaran merk, saya bantu !. ✌ pisssassa man.

Terimakasih masih bersama saya, konsultan Hak Kekayaan Intelektual UMKM. Semoga catatan blig kali ini benar-benar manfaat untuk Entrepreneur Indonesia. Dapat dihubungi di ;

LAUNDRY ASRI
Ruko Beringin Hills Estate no2
Jl Beringin Raya Tambakaji Ngaliyan
Semarang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download APK Laundry Kiloan dan Laundry Hotel

Selamat siang teman-teman, sobat dan mitra Laundry ASRI workshop Sukses Bisnis Laundry. Kali ini admin akan memberi tautan download aplikasi laundry baik kiloan, satuan, selft service maupun full service. Meski penjualan ini bersifat kemitraan/ franschise/ waralaba, namun siapapun diperbolehkan ambil / download versi terbatas (klik aja) ;  >>>  Download Software Laundry <<<< atau download dibawah ; >>>  LaundryASRI.apk <<< Laundry ASRI RUKO BRINGIN HILLS ESTATE A1/ No2 Jl. Bringin Raya, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang wa.me/6288215238283   

Satu keinginan "Bisnis Berumur Panjang"

Asalamualaikum wr wb, salam berkah, panjang umur dan sehat selalu. Alhamdulilah bertemu lagi di blog Laundry ASRI yang kita cintai.  Bisnis adalah aktivitas yang mendatangkan profit. Kita selalu ingin untuk mengerjakan penghasilan yang terus menerus. Terkadang ingin jadi penguasa tunggal di kegiatan atau bidang bisnis kita. Seperti kodrat manusia hidup, ingin umur panjang dan bermanfaat. Begitu juga apa yang kita kerjakan pada sebuah entitas/ perusahaan Bisnis. Bangkrut/ tutup dan gagal seperti mimpi buruk bagi seorang pe Bisnis. Kalaupun dalam perjalanan Bisnis menemui kerugian asal tidak berlarut panjang. Maka hal ini masih wajar.  Bisnis berumur panjang itu gimana coach ?. Tanya seorang peserta pelatihan. Contoh di bidang Laundry. Bagaimana laundry kita berumur panjang ?.  Ndak jauh-jauh. Seperti dalam ajaran agama islam yang penulis anut dan imani. Jika ingin dipanjangkan umur nya dan di luaskan rizkinya maka perbanyak sodakoh dan silaturahim.  Sisihkan keuntungan untuk menyantuni

Kenapa pilih Stack Washer dan Dryer 35jutan ini ?

Hallo teman-teman kuceker. Asalamualikum warahmatuwahi wabarakatu.Kemarin sempat kita-kita jualan mesin laundry coint. Tapi sepertinya ada satu hal yang susah diungkapkan. Kurang masuk dan harganya itu mahal untuk buka laundry kiloan. Kali ini kita mau berbagi info. Tipis-tipis saja sebagai pemanasan. Era bisnis laundry yang menampilkan mesin didepan semakin dipilih. Agak sedikit sombong seperti tampilkan mesin kapasitas besar tapi sepi order. Eit maksudnya belum seramai harapan si owner. Kira-kira begitu ya teman-teman. Harga mesin laundry singgel stack dari made in china berkisar Rp, 27jutaan. Kalau double stack atas bawah mencapai 40juta sampai 50jutaan, sepasangnya. Kualitas ????. China sekarang beda dengan "made in China" tahun 90 an. Dulu made in China terkenal sebagi produser kelas 3 dari segi kualitas. Selain juga "contekan" dari produk- brand Amerika/ Eropa.  Untuk generasi 2018 kesini, mesin-mesin laundry dari produser China makin setara, meski masih sedik